Carbon Fiber, Apakah Benar Lebih Kuat dari Besi dan Baja?

Carbon Fiber, Apakah Benar Lebih Kuat dari Besi dan Baja?

Penggunaan carbon fiber di dalam bermacam jenis peralatan hingga kendaraan terutama mobil sudah lazim ditemui. Bahan bersama warna khas abu-abu kehitaman ini dianggap terlalu kuat layaknya besi dan baja namun lebih ringan. Lalu sesungguhnya apa itu carbon fiber?

Silahkan OtoFriends review pembahasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai carbon fiber merasa dari pengertian, bahan penyusun, harga, hingga berlebihan dan kekurangan dari bahan ini.

Apa Itu Carbon Fiber
Carbon fiber adalah sebuah serat dari karbon murni yang terlalu kuat di dalam ketegangan (pada kala ditarik) dan cukup fleksibel. Bahan ini kondang terlalu kuat namun punyai bobot yang ringan. Carbon fiber texture yang asli merasa terlalu mulus namun punyai feel tiga dimensi kala disentuh Distributor Besi dan Baja .

Carbon fiber lebih kuat lima kali lipat dari baja serta dua kali lebih kaku. Meskipun lebih kuat dan lebih kaku, berlebihan carbon fiber lebih enteng daripada baja. Hal ini membuatnya jadi material yang ideal untuk bermacam macam jenis peralatan di dalam keperluan manufaktur.

Bahan Carbon Fiber
Material carbon fiber terdiri dari campuran antara beberapa bahan. Mulai dari polyacrylonitrile (PAN), rayon, hingga pitch merupakan material penyusun dari carbon fiber.

Untuk dapat memanfaatkan carbon fiber, perlu ditambahkan resin (umumnya resin epoxy) agar lembaran serat karbon yang tadinya lentur jadi kuat. Resin epoxy digunakan gara-gara punyai tingkat kekerasan yang terlalu tinggi sehabis kering. Carbon fiber lembaran diikat oleh matriks resin bersama panas dan vakum, tujuannya agar resin lebih meresap bersama baik ke di dalam serat karbon.

Baca juga: Apa Itu Body Repair? Berikut Fungsi dan Kisaran Biayanya

Harga Carbon Fiber
Memiliki kapabilitas yang lebih besar dari baja namun lebih enteng pasti saja menjadikan carbon fiber bahan basic yang unggul dan berkualitas. Hal ini tentu saja bakal seiring bersama harganya yang lebih mahal dari bahan serupa layaknya baja.

Untuk harga carbon fiber sendiri bervariasi tergantung dari ketebalannya, kebanyakan ditulis di dalam satuan GSM. Kisaran harga dari carbon fiber diawali dari 200 ribu hingga 600 ribu rupiah per meternya tergantung kualitas.

Harga berikut masih belum termasuk harga resin epoxy yang perlu ditambahkan untuk membuat carbon fiber jadi lebih kuat dan keras. Resin epoxy sendiri dapat dibeli bersama kisaran harga 50 hingga 100 ribu rupiah per kilogramnya.

Baca juga: Coating Mobil: Jenis, faedah dan Harga Coating Mobil

Kenapa Carbon Fiber Lebih Mahal?
Jika dibandingkan bersama bahan keras dan kuat lainnya layaknya baja, pasti saja carbon fiber punyai harga yang jauh lebih mahal. Ada beberapa faktor yang membuat harga dari carbon fiber lebih mahal, diantaranya adalah sebagai berikut.

Bahan mentah
Seperti yang diketahui, carbon fiber merupakan campuran dari beberapa material. Sangat lumrah jika harganya jadi cukup mahal gara-gara untuk mendapatkan material berikut tidaklah enteng dan murah.

Energi
Faktor yang membuat harga carbon fiber jadi mahal sesudah itu yakni energi. Selain pemakaian kekuatan yang banyak untuk mempersiapkan material basic layaknya membuat serat resin dari PAN, masih ada proses kelanjutan yang memerlukan panas, bahan kimia, dan peregangan.

Kemudian, serat diperkuat bersama atom karbon. Pada proses ini diperlukan kekuatan yang besar. Energi termasuk diperlukan untuk mengikat karbon jadi serat dan benang. Bisa dibilang cost untuk kekuatan jadi cost termahal di dalam membuat carbon fiber.

Produksi
Biaya produksi serat karbon meliputi tenaga kerja dan mesin produksi. Pembuatan serat karbon memerlukan mesin-mesin canggih yang tidak tidak mahal harganya. Untuk mengoperasikannya termasuk diperlukan tenaga ahli yang tidak sembarangan.

Hal ini membuat cost produksi jadi tinggi. Namun, mesin-mesin ini dapat tahan lama digunakan tanpa perlu diganti dan termasuk tenaga ahli yang diperlukan terbilang tidak banyak.

Software dan teknologi
Tidak hanya pemakaian mesin canggih, software dan teknologi sejenis termasuk diperlukan sepanjang proses produksi agar produk yang dihasilkan lebih berkwalitas namun prosesnya berlangsung bersama efisien.

Baca juga: Tips Cutting Stiker Mobil agar Tidak Merusak Eksterior Mobil

Kelebihan dan Kekurangan Carbon Fiber
Terdapat beberapa berlebihan dan termasuk kekurangan dari karbon fiber yang dapat jadi pertimbangan kala hendak memilih apakah bakal memanfaatkan bahan carbon fiber ataukah tidak.

Berikut ini adalah beberapa berlebihan dari carbon fiber:

Memiliki kapabilitas dan kekakuan yang lebih dari baja namun bersama berat yang lebih enteng dari baja, maka dari itu bahan ini jadi favorit untuk pelapis mobil terutama mobil balap.
Tahan terhadap bermacam reaksi kimia keliru satunya korosi yang merupakan musuh utama dari bahan-bahan logam keras.
Memiliki kapabilitas tarik yang tinggi agar pemuaian dan penyusutan yang berlangsung terhadap perubahan suhu tidaklah terlalu besar.
Memiliki kekuatan tahan yang terlalu baik termasuk dari cahaya UV dan termasuk panas.
Mempunyai ekspansi termal yang rendah.
Memiliki cii-ciri radioluscence yang membuatnya transparan terhadap radiasi agar dapat digunakan sebagai bahan peralatan medis.
Berikut ini merupakan kekurangan dari bahan carbon fiber.

Kurang lentur jika dibandingkan bersama baja gara-gara punyai kekakuan yang tinggi. Jika ditekan hingga melampaui batas punyai efek pecah.
Harganya terbilang mahal meskipun cocok bersama kualitasnya yang terlalu baik.
Memiliki bermacam kelebihan yang terlalu menonjol serta mengalahkan bahan logam lainnya lainnya membuat serat karbon fiber jadi mahal. Penggunaan carbon fiber kerap ditemui terhadap beberapa benda yang levelnya bukan sekadar pemakaian harian, melainkan level lebih tinggi gara-gara harganya yang mahal.

Mulai dari lapisan mobil, peralatan medis, industri luar angkasa layaknya roket, hingga perlengkapan militer termasuk memanfaatkan keliru satu bahan yang kuat dan termasuk enteng ini. Silahkan cek OtoFriends, kira-kira bagian mana dari komponen mobil yang sudah memanfaatkan bahan carbon fiber?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *